Sabtu, 25 Februari 2012

Kue Rambut


K U E    R A M B U T

Salah satu daerah di NTT yaitu Kabupaten Alor dilihat sekilas perawakan penduduknya sama seperti penduduk di Papua. Alor terkenal dengan buah kenarinya. Namun sebenarnya di daerah tersebut banyak terdapat kekayaan alam yang luar biasa. Salah satunya yaitu seperti pada gambar di samping ini. Namanya “Kue Rambut”. Kue Rambut??? Heran kan?? Apakah bahan-bahan kue ini dari rambut? Begitulah pertanyaan yang timbul untuk orang-orang yang pertama kali mendengarnya. Ternyata tidak. Bahan-bahan kue ini hanya terbuat dari tepung beras, gula merah, kanji dan sedikit tepung terigu. Aneh? Lalu kenapa disebut “Kue Rambut?”
            Lihatlah bentuknya seperti rambut –rambut kan?, pemukaannya kasar tapi begitu dirasakan enak dan renyah. Alat-alat yang digunakan pun sederhana saja yaitu dengan menggunakan kaleng bekas yang dilubangkan kecil-kecil sehingga adonan yang sudah dicampur bisa di keluarkan dari kaleng itu lalu di goreng seperti menggoreng kue pada umumnya.
            Sepertinya mudah untuk membuatnya,tetapi ternyata tidak. kita tidak boleh salah dalam mengukur bahan-bahan karena kalau tidak kuenya tidak akan renyah atau nantinya bisa keras. Selain itu, kita harus mengatur panas kompor untuk penggorengannya. Lumayan lama juga tapi itulah kekhasan orang Alor. Jika anda suatu saat berkunjung ke Alor, jangan lupa oleh-olehnya “Kue Rambut” dari Alor.
Terima Kasih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hmmmmnn... asyik juga tuh,,, tp ini pertma kalinya buatqu tuk share ttg daerahqu